Rabu, 20 Juni 2012

Kunjungan Media ke SOLOPOS

MOP goes to SOLOPOS

sama temen-temen dari UKM dan HMJ juga :)
Halo-halo! Selamat malam, bloggies! :) Gimana kabar nih? Jujur yah, sebenernya gue lagi sakit dan nggak enak badan banget. Badan gue remuk-remuk (lebay :p hehe) dan gue pilek. Batuk gue juga kumat lagi. Lidah udah pahit aja dan tadi pas mandi sore udah menggigil. Rasanya pengen pulang, pengen minta dibikinin bubur sama makan bakso tempat bude sebelah rumah :( Can I have mama to come to Jogja soon? :(





Out of topic! Jadi ini sebenernya gue mau cerita tentang kemaren-kemaren pas gue sama temen-temen MOP dan temen-temen dari UKM dan HMJ yang bertitlekan media mengadakan kunjungan ke Solopos. Bermula dari ide kita pengen main-main bareng ke mana gitu, tadinya sih mau ke pantai pas waktu itu libur panjang hari kamis-minggu, tapi ternyata pada balik aja semua jadi gagal. Terus setelah dicari-cari waktu yang pas, akhirnya tanggal 18 Juni 2012, kita ke Solopos. Nah, niat awalnya emang kita mau berangkat sendiri tuh ke sana, maksudnya, MOP sendiri aja, tanpa ngajakin temen-temen UKM atau HMJ lain. Tapi setelah dipikir-pikir, mana rame kalo cuma bersepuluh aja? Terus yang ada juga kita bakal ditegur sama Pak Wakil Dekan III karena kita mengadakan semacam upgrading tapi cuma buat diri kita sendiri. Akhirnya, diputuskanlah kita mengajak temen-temen dari UKM dan HMJ yang kurang lebih terdiri dari GSC (Geography Study Club), BEKAGE (Bengkel Kesenian Geografi), JMG (Jama'ah Muslim Geografi), ARDGISS (Association of Regional Development and Geographic Information System Students ), EGSA (Environmental Geography Student Association), dan STARGISS (Student Association of Remote Sensing and Geography Information System).

Kami berangkat sekitar pukul 07.00 lewat agak banyak dari Fakultas Geografi dengan menggunakan mobil elf fakultas. Setelah menempuh perjalanan sekitar hampir 2 jam, sampailah kami di Griya Solopos. Di perjalanan, gue ngga begitu perhatiin kanan kiri sih, di sebagian jalan juga gue tidur (udah kebiasaan dari lahir kalo lagi jalan di mobil pasti tidur), jadi nggak akan banyak gue ceritain. Salah satunya sebenernya gue ngeliat ada ojek motor yang aneh banget, tapi sayang ngga sempet gue ambil gambarnya, jadi batal gue ceritain juga :(

Sesampainya di Solopos, kami diminta tunggu sebentar sampai kemudian kami masuk ke ruang sidang I. Udah berasa apa aja gitu kami ada di ruang sidang, ternyata ruang itu adalah ruang sidangnya para redaktur (atau manajer ya? gue lupa) waktu memilih berita mana yang akan diterbitin di Solopos itu. Oooo.

Mas Krisna
Kemudian, datanglah Mas Krisna (kalo gue nggak salah inget juga), pemandu kami. Beliau adalah public relationshipnya Solopos. Kalau ada kunjungan apa-apa, jadi dia yang memandu gitu, itu sih setangkap otak gue. hehe

Mas Krisna menceritakan kalau Solopos itu pertama terbit tanggal 19 September 1997 dengan latar belakang kurang terpenuhinya kebutuhan informasi lokal dalam lingkup Soloraya. Meskipun di Jawa Tengah pada masa tersebut telah dikuasai oleh salah satu badan pers yang cukup kuat, yaitu Suara Merdeka. Solopos kemudian hadir dibacking oleh Perusahaan Bisnis Indonesia, kumpulan pengusaha-pengusaha kaya Indonesia dengan komposisi 75% berita lokal, dan 25% berita nasional dan internasional. Produknya berupa Solopos, Soloraya, Koran 0, dan Internal Solopos serta ada pula Solopos FM. Dalam Griya Solopos, terbagi menjadi 2 divisi, yaitu divisi perusahaan dan divisi keredaksian. Kata Mas Krisna sih, kedua divisi itu punya tugas yang saling terkait dan nggak bisa jalan sendiri-sendiri namun tidak bisa saling timpang. Divisi perusahaan bertugas untuk mencari iklan sebagai sponsorship penerbitan koran namun nggak dibolehkan ikut campur dalam keredaksian. Redaksi bertugas untuk mencari berita, memproses, memilih, mengedit, kemudian menerbitkan berita dan tidak perlu khawatir berita akan tidak terbit karena perusahaan pasti sudah mencarikan iklan.

Di Solopos, terdapat beberapa redaktur yang setiap redaktur tersebut membawahi sekitar 3-4 wartawan. Setiap harinya, seorag wartawan diberi kewajiban untuk mencari berita sekitar 3 berita untuk diserahkan kepada redaktur. Berita tersebut berasal dari 5 sumber, yaitu 1. Peristiwa; 2. VSAT; 3. Internet; 4. Naskah Setter (internet); 5. Foto. Setiap harinya wartawan harus mengumpulkan berita dengan deadline pukul 16.00 untuk kemudian disidangkan oleh redaktur berita mana yang layak terbit. Setelah itu, percetakan baru memulai aktivitasnya pada pukul 01.00 dini hari sampai pukul 03.30. Selesainya percetakan, kemudian dilanjutkan oleh distributor untuk disebarkan ke agen-agen untuk dijual. Sungguh sibuk setiap harinya.

Penulisan berita, kata Mas Krisna, sama seperti prinsip umum menulis berita yaitu menggunakan kaidah 5W+1H, yaitu What, Where, Who, When, Why, dan How. Dari kaidah tersebut dapat dipilih salah satu sebagai titik berat paragraf pertama. Meskipun pada paragraf pertama seharusnya dapat memuat kelima hal tersebut, namun dapat dipilih salah satu menjadi titik beratnya karena berbeda pilihan titik berat akan berbeda pula susunan paragraf pertamanya.

Selain kaidah 5W+1H tersebut, Mas Krisna juga menjelaskan bahwa terdapat News Value dalam setiap berita. News Value dapat terdiri dari :

  1. Kedekatan
  2. Ketenaran
  3. Aktualitas
  4. Dampak
  5. Keluarbiasaan
  6. Konflik
  7. Keanehan
Dari ketujuh news value, yang paling dititikberatkan adalah aktualitas karena berita yang akan diterbitkan tidak boleh berita basi. Tolong toloong, mana ada orang yang mau baca berita basi yaaa :D Setelah mendengarkan materi dari Mas Krisna, kami berkunjung sebentar kebagian redaktur dan percetakan yang masih sepi karena memang aktivitasnya belum dimulai.

Selesai mengunjungi Solopos, kami memutuskan untuk makan dan muter-muter kota Solo sebentar. Kami mampir lewat ke Stadion Manahan Solo dan juga ke Taman Balekambang. Sebenernya, Taman Balekambang itu bagus, tapi pemeliharaannya aja kali ya yang kurang baik soalnya airnya bau besi di sana. Rumputnya juga banyak yang kering. But it's so nice cause we can see some animals there closer like monkeys, turkeys, and geese. They look beautiful. :)


Nice trip to Solo! See ya next time!
taken by : mba Pipit

saya :D

the geese
and they're looked so beautiful!

monkeys

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
Dita Wulandari | A | ♥ Detective Conan Freak | V.I.P of BigBang | Secondhand Serenade | Taylor Swift | Regional Development UGM 2011 ♥